Jumat, 04 Juli 2008

korupsi dan KPK..

banyaknya kasus-kasus korupsi di tingkat badan lagislatif yang berhasil di kuak oleh KPK membuat beberapa orang dan saya pun berpikir, "apakah ini benar-benar prestasi KPK atau kah hanya sekedar sensasi??"

perlu dipertanyakan memang, mengingat runtuhnya rezim Soeharto sudah cukup lama,namun baru sekarang prestatsi KPK mulai menanjak dan sangat gemilang.. kasus pertama yang paling "booming" adalah terkuaknya Al Amin sebagai salah satu tokoh lapangan dalam pengalihan fungsi hutan lindung di Jambi, kemudian dilanjutkan dengan beberapa kasus lain, seperti BLBI, kasus pengadaan kapal patroli Dinas Perhubungan dan yang terbaru adalah terungkapnya suap tender anggota DPR masa jabatan 1999-2004, dan ini melibatkan semua anggota komisi..

memang sudah bukan rahasia lagi jika korupsi di negeri ini sudah menjadi makanan sehari-hari,dari mulai bidang agama dan pendidikan hingga masalaha pertahanan dan keamanan negara pun ikut di korupsi.. tugas KPK tidak lah bisa diannggap enteng,karena saat ini KPK hanya menguak dan menangkap para pelaku lapangan dan sebagai pelaku lapangan,orang-orang ini masih berada di bawah kendali "si otak" korupsi.. lalu siapakah "si otak" ini??

kinerja KPK saat ini sedang dalam masa jaya,namun jika dilihat dari "tingkah" si tertangkap,tidak menunjukkan rasa penyesalan atau paling tidak "mimik"muka yang menunjukkan bahwa dia menyesal karena telah menggunakan uang rakyat yang telah mendukung mereka. jadi,apakah KPK hanya melakukan "peran" sementara ataukah KPK sudah benar-benar bangkit??jangan-jangan ini hanya untuk mengalihkan perhatian kita akan beberapa kebijakan pemerintah yang saat ini sangat-sangat menyengsarakan rakyat, dan dengan keberhasilan KPK, nama pemerintah akan lebih baik. Bisa saja kita berasumsi demikian,karena sudah sewajarnya kita menaruh sedikit perhatian dengan prestatsi yang sangat mengejutkan akhir-akhir ini. namun tidak untuk mengkritisi atau menghakimi KPK,tetapi justru seharusnya KPK dapat lebih membuktikan bahwa mereka benar-benar credible..

kemampuan KPK untuk saat ini memang perlu diacungi dua jempol, kegigihan dan keuletan untuk me-"reveal" bukti-bukti yang sangat mengejutkan,serta keberanian mengungkap nama-nama besar di negeri ini dalam keterlibatan mereka dengan korupsi. kita lihat saja,sampai mana KPK akan terus berjuang demi tuntasnya kasus-kasus korupsi yang sudah mendarah daging di negeri ini..

yang masih sangat menggelitik,saat ini adalah, mampukah KPK mengungkap lebih jauh sampai ke tingkat militer?? itu masih menjadi pertanyaan besar dan PR besar buat KPK...

sukses KPK,jangan biarkan negeri ini terus mundur dengan korupsi..

Tidak ada komentar: